18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

Waspada Hujan Lebat: “Banyak Pohon Dan Tanaman Tumbang”

Sidoharjo, Post. Hujan lebat pada Rabu (03/2) mengakibatkan banyak pohon tumbang dan sebagian tanaman milik petani rata dengan tanah. Hal tersebut dikarenakan intensitas hujan yang berlangsung sangat lama dan disertai angin. Selain itu pohon yang tumbang juga mengakibatkan listrik padam dikarenakan  menimpa kabel Jaringan Tegangan Menengah (JTM).

Seperti yang terjadi di wilayah dukuh sidowayah, ada dua titik lokasi pohon yang roboh dan menimpa kabel jaringan listrik. Pertama di lingkungan Wonopuro ada pohon jati yang roboh dan menimpa kabel Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sampai terputus. Dan yang kedua di jalan  poros tepatnya Jembatan Ndawe ada pohon bambu dan Jati yang menimpa kabel JTM.

Atas kejadian tersebut akhirnya warga melaporkan ke PLN melalui via telpun. Sambil menunggu petugas PLN datang sebagian warga bersama-sama menyingkirkan ranting-ranting bambu yang mengarah ke kabel.

Selain mengakibatkan lampu padam dan pohon tumbang, hujan yang disertai angin juga mengakibatkan tanaman jagung milik warga banyak yang rata dengan tanah. Seperti yang di alami oleh Marmi, tanaman jagungnya rata dengan tanah dan sangat menyayangkan kejadian tersebut.

“Nggeh pripun maleh pak, keadaane nggeh kados mekaten, sedelo maleh panen, tpi mpun roto ngoten niku, pasrah mawon mugo-mugo mboten rugi ngoten mawon”.  katanya dengan wajah pasrah.

(Ya mau gimana lagi pak, keadaannya juga seperti itu, padahal sebentar lagi panen tetapi kondisinya sudah rata dengan tanah, hanya bisa pasrah semoga tidak merugi).

Selain Marmi, masih banyak petani lain yang mengalami hal serupa. Seperti Sikas , petani porang ini tanamannya juga tertimpa pohon bambu dan merusak sebagian tanamannya. Di tempat lain pohon Klampis arabika (rabika) juga menimpa tanaman cabai milik Tukul.