18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

BAZNAS Kabupaten Ponorogo Dan Pemerintah Desa Sidoharjo Salurkan Bantuan Rumah Roboh Milik Mbah Boirah :”Matur Nuwun Pak”

Sidoharjo Post. Dalam rangka merealisasikan Program Baznas Ponorogo Peduli hari ini Selasa (6/7) menyalurkan bantuan untuk membangun kembali rumah mbah Boirah warga RT 003 RW 003 Dukuh Sidowayah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo yang roboh akibat bangunan rumah sudah lapuk dimakan usia.

Dilaporkan sebelumnya bahwa pada hari jumat (18/6) sekitar pukul 12.30 WIB terjadi bencana rumah roboh milik mbah Boirah. Tidak ada korban jiwa alam kejadian tersebut akan tetapi kerugian matrial diperkirakan sekitar 30 juta rupiah. Akibat kejadian tersebut untuk sementara mbh Boirah tinggal di rumah saudaraanya. Mbah Boirah sangat berharap bantuan dari pemerintah, instansi, komunitas dan masyarakat agar dapat membangun kembali rumahnya.

Alhasil berkat aksi cepat tanggap Pemerintah Desa, Komunitas dan warga masyarakat saat ini mbah Boirah mendapat bantuan dari berbagai pihak diantaranya dari Pemerintah Desa Sidoharjo, Baznas Kabupaten Ponorogo, ICWP, Sidowayah Berdaya, BMI Hongkong, Komunitas Masyarakat, dan warga masyarakat lainnya. Sampai saat ini pembagunan rumah mbah Boirah sudah mencapai 35%.

Penyerahan bantuan secara simbolis dari Baznas Ponorogo kepada mbah Boirah pada hari ini (6/7) dihadiri oleh Camat Jambon, Kepala Desa Sidoharjo, Babinsa, Bhabinkamtibmas, TKSK dan warga sekitar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Camat Camat, Shandra Aji Hidayanto, S. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Ponorogo dan seluruh pihak yang turut serta memberikan bantuan kepada mbah Boirah. Selain itu beliau juga menyampaikan agar masyarakat taat patuh terhadap protokol kesehatan covid-19. Dan juga menghimbau warga agar segera daftar program vaksinasi yang akan diselenggarakan Pemerintah Desa Sidoharjo.

“ Saya atas nama Kecamatan Jambon menyampikan terima kasih matur nuwun kepada Baznas Kabupaten Ponorogo, Pemerintah Desa, Mbah Lurah, Pak Wo, Pak RT dan warga masyarakat yang ikut membantu baik secara moril ataupun matriel membangun kembali rumah mbah Boirah. Monggo bapak ibu dalam masa pandemi covid-19 ini kita tetap melaaksanakan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas keluar rumah dan lainnya, selanjutnya kagem bapak ibu yang belum vaksin agar segera mendaftarkan diri sebagai peserta vaksin, daftarnya bisa lewat pak wo atau perangkat desa lainnya,” katanya.

Sementara itu Slamet Purnomo, SH selaku perwakilan dari Baznas Kabupaten Ponorogo dalam sambutannya mengatakan, “ Baznas itu lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Baznas merupakan lembaga pemerintah nonstruktursl yang bersifat independent sehingga di dalam menyalurkan bantuan menerapkan skala priotitas dan sesuai urutan kondisi yang akan dibantu. Karena yang dikelola ini adalah zakat sehingga dalam penyalurannya tetap memperhatikan golongan atau orang-orang yang berhak menerima zakat atau disebut Mustahik. Seperti halnya mbah Boirah yang rumahnya roboh ini merupakan warga yang hidup sebatang kara dan kurang mampu sehingga wajib untuk dibantu”.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Sidoharjo, Parnu dalam hal ini mewakili keluarga Mbah Boirah menyampaikan ribuan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Ponorogo dan juga masyarakat yang telah menyalurkan bantuannya kepada Mbah Boirah sehingga rumahnya bisa dibangun kembali.

Setelah selesai penyaluran bantuan di rumah Mbah Boirah, perwakilan dari Baznas Kabupaten Ponorogo selanjutnya melakukan survey di rumah Ibu Pariyem yang terletak di lingkungan RT 005 RW 003 Dukuh Sidowayah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon yang kondisinya juga perlu di renovasi agar layak untuk dihuni dan termasuk keluarga kurang mampu.