18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

Akibat Puting Beliung, Puluhan Pohon Tumbang Dan Merusak Rumah Warga

Para warga sedang menyingkirkan pohon yang menimpa salah satu bangunan yang terkena puting beliung

Sidoharjo Post. Puluhan pohon di lingkungan RT 10 RW 03 Dukuh Sidowayah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon banyak yang tumbang akibat diterjang angin puting beliung. Tak hanya itu peristiwa yang terjadi pada jumat (12/3) sekitar pukul 11.15 WIB tersebut juga menerjang sebagian rumah warga, akibatnya banyak genteng rumah warga yang rontok terbawa angin. Bahkan ada salah satu toko/warung milik warga yang rata dengan tanah akibat tertimpa pohon jati. Meskipun angin puting beliung menyebabkan banyak pohon tumbang dan kerusakan pada rumah warga namun tidak menyebabkan adanya korban jiwa.

“Kedadeane cuepet pak mboten wonten sedoso menitan, ngertos-ngrtos wonten angin ageng saking kidul arah bukit sebrang terus wit-wit an podo ambruk kaleh gendeng-gendeng  griyo podo rontok termasuk griyo kulo pak”, ujar salah satu warga.

(Kejadiannya sangat cepat pak, kira-kira tidak ada 10 menit. Pas hujan tiba-tiba muncul angin puting beliung yang sangat besar dari arah selatan atau dari bukit sebrang mengarah kesini yang merobohkan pohon-pohon dan merusak sebagian rumah warga, termasuk rumah saya pak”, kata salah satu warga).

Saat kejadian mereka sangat ketakutan dan berusaha mencari tempat perlindungan di dalam rumah karena takut angin puting beliung kembali datang. Para warga sama sekali tidak menduga ada angin puting beliung yang membuat warga ketakutan.

Atas kejadian tersebut kemudian salah satu warga melapor ke perangkat desa yang kemudian oleh kepala desa Sidoharjo di laporkan ke Camat Jambon untuk ditindaklanjuti. Tidak berselang lama kemudian pihak dari Koramil dan Polsek Jambon yang pada saat itu jadwal piket mendatangi lokasi kejadian.

Sementara itu para warga bergotong royong menyingkirkan pohon yang ditumbang di tengah jalan dan juga membersihkan sisa-sisa matrial yang diterjang angin puting beliung. Akibat dari musibah tersebut kerugian diperkirakan jutaan rupiah.