18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

Bulan Penimbangan Balita: “Pemantauan Perkembangan Balita Di Masa Pandemi”

Sidoharjo Post. Bulan Penimbangan Balita (BPB) adalah kegiatan penimbangan berat badan dan pengukuruan Panjang atau Tinggi badan pada balita usia 0-59 bulan dilakukan di Posyandu secara serentak pada bulan Agustus. Penimbangan merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Penimbangan yang rutin dilakukan setiap bulan di Posyandu, hal ini bertujuan untuk mengetahui atau deteksi dini apakah bayi /balita sakit atau tidak, kelengkapan Imunisasi dan mendapatkan penyuluhan gizi.

Oleh karena itu, langkah pemerintah mengadakan kegiatan Bulan Timbang ini, merupakan salah satu solusi terbaik dari pemantauan dan pendeteksian tumbuh kembang bayi dan balita. Bulan timbang dilaksanakan bersamaan dengan pemberian Vitamin A. Pada kegiatan bulan timbang ini dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran lingkar lengan, lingkar kepala (baduta), pengukuran tinggi badan. Dan hasil dari penimbangan dan pengukuran tersebut dapat mencerminkan status gizi balita yang merupakan tolak ukur status gizi masyarakat.

Seperti yang terlihat pada Rabu (15/9) para Kader Posyandu Desa Sidoharjo kembali melaksanakan kegiatan Bulan Penimbangan Balita, tepatnya di Posyandu Klitik II Dukuh Klitik. Kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada bulan agustus baru dapat dilaksanakan pada bulan september karena kondisi Kabupaten Ponorogo yang masih dalam masa PPKM Level 3 sehingga kegiatan BPB sempat tertunda.

Di Desa Sidoharjo setidaknya terdapat 7 titik Posyandu yang tersebar pada tiga dukuh yaitu Dukuh Karangsengon, Dukuh Klitik dan Dukuh Sidowayah. Sedangkan jumlah balita yang terdaftar di Posyandu tersebut sekitar 360 anak. Adapun jadwal BPB Desa Sidoharjo pada bulan kedua ini adalah sebagai berikut:

NoLokasiHari, TanggalWaktu
1Klitik IIRabu, 15 September 202109.00 WIB – selesai
2Sidowayah IIKamis, 16 September 202109.00 WIB – selesai
3Karangsengon IJumat, 17 September 202109.00 WIB – selesai
4Sidowayah ISelasa, 21 September 202109.00 WIB – selesai
5Karangsengon IRabu, 22 September 202109.00 WIB – selesai
6Klitik IKamis, 23 September 202109.00 WIB – selesai
7Sidowayah IIISabtu, 25 September 202109.00 WIB – selesai

Vivin Sulistyawati selaku bidan Desa Sidoharjo berharap semoga pandemi segera berakhir sehingga bisa melakukan posyandu rutin setiap bulan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita yang ada di Desa Sidoharjo. Karena selama masa pandemi ini hanya bisa melaksanakan dua kali posyandu yaitu yag pertama pada bulan april dan yang  kedua pada bulan september ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Parnu, Kepala Desa Sidoharjo berpesan kepada seluruh Kader Kesehatan bahwa dalam pelaksanaan Bulan Timbang Posyandu untuk melaksanakan bulan timbang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan memberikan PMT yang layak sesuai dengan anggaran dari Desa