Musyawarah MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) Desa Sidoharjo Tahun 2020.

Musyawarah MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) Desa Sidoharjo Tahun 2020.

MMD 2020

Kegiatan ini adalah bentuk kerjasama Pemerintah Desa dan UPT Puskesmas jambon di Desa Sidoharjo. Musyawarah dihadiri oleh Kader Kesehatan Desa Sidoharjo, Perwakilan BPD, Ketua RT, dan Perwakilan dari Karang Taruna Desa Sidoharjo. Kegiatan ini adalah upaya untuk menjaring anspirasi masyarakat guna menunjang sistem kerja Tim Kesehatan di Desa Sidoharjo.

Sambutan pertama diawali dengan pembukaan yang dilanjutkan prakata dari Bapak Kepala Desa Sidoharjo (Bapak Parnu) . Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada antusias, para kader baik dari Kesehatan maupun warga yang hadir. “Mewujudkan masyarakat hidup sehat memang tidak cukup kadernya saja yang bergerak melainkan seluruh masyarakat” 09.34 wib (21/20/2020). Benar sekali karena memang segala sesuatu yang diharapkan bersama tentu tak lepas dari usaha bersama.

Kemudian sambutan yang kedua dari Bapak Andi Muhadi,S.ST.M.Si Ketua UPT Puskesmas Kecamatan Jambon menyampaikan “Pada tahun 2020 akan dilakukan verifikasi terkait dengan Desa ODF . Mohon mengingatkan kembali warga kita agar tidak lupa untuk meningkatkan kembali prilaku hidup sehat atau siaga dalam berpola hidup sehat.” tegas Bapak Andi Muhadi,S.ST.M.Si selaku ketua UPT Puskesmas Jambon 09.40 wib (21/10/2020) .

Desa ODF (Open Defecation Free) adalah satu upaya menyadarkan masyaraka untuk tidak buang air besar sembarangan, memperhatikan pembuangan limbah tinja dan memastikan jamban sehat di Desa Sidoharjo. Jamban Sehat adalah tempat buang air besar tradisional (WC Cemplung) yang tertutup. Harapan dari program ini adalah terwujudnya lingkungan sehat sehingga berpotensi hidup sehat untuk warga masyarakat Desa Sidoharjo khususnya. Dilanjutkan acara inti Musyawarah Masyarakat Desa yang dimulai dengan penyampaian hasil kerja Tim Kader Kesehatan Desa Sidoharjo Bu Tutik. Dari hasil penelitian Bu Tutik menyampaikan bahwa masalah kesehatan yang ada di lingkungan Desa Sidoharjo diantaranya :‌

  1. Banyak warga yang merokok di sembarang tempat.
  2. Membuang sampah sembarangan‌ Pembuangan limbah peternakan sembarangan‌
  3. Pembuangan limbah rumah tangga sembarangan‌Kurangnya kesadaran masyarakat untuk CPTS setelah dari kamar mandi.
  4. Kurangnya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Di samping hal diatas juga disampaiakn juga harapan masyarakat yang telah dirangkum diantaranya :‌

  1. Diadakannya penyemprotan Disinfektan untuk menunjang upaya pemutusan mata rantai covid. ‌
  2. Masyarakat membutuhkan pelayanan dan peralatan yang lengkap sehingga tidak perlu keponorogo. ‌
  3. Pelayanan kesehatan lebih ditingkatkan. ‌Tidak membedakan pasien BPJS dan Berbayar.
  4. Memberikan pelayanan geratis kepada warga yang kurwng mampu yang tidak memiliki BPJS.

Dan menanggapi dari masalah yang disampaikan pak Andi Muhadi ketua puskesmas menyampaikan. “Terkait merokok adalah sudah menjadi gaya hidup dari warga yang sulit dipisahkan, namun kita masih bisa berupaya dalam bentuk meminimalis resiko yaitu senantiasa bersosialisasi terkait dengan merokok tidak boleh didalam ruangan dan lain lain. ” Ungkap pak Andi Muhadi,S.ST.M.Si 10.38 wib (21/10/2020). Banyak hal yang disampaikan rangkuman ide dan gagasan yang keluar yang akan digunakan untuk pegangan kerja Tim Kader Kesehatan Desa Sidoharjo. Mari kita program programnya guna menciptakan masyarakat Desa Sidoharjo yang sehat.

Achmad Bayu I. (21 Oktober 2020)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *