BANGKIT DARI KEMISKINAN BERSAMA BST-JPS

BANGKIT DARI KEMISKINAN BERSAMA BST-JPS

Senin 06 Juni 2020, BERUSAHA BANGKIT DENGAN MEMANFAATKAN BST-JST DESA SIDOHARJO

BST-JPS merupakan kepanjangan dari Bantuan Sosial Tunai – Jaringan Pengaman Sosial pengertian dari BST-JPS adalah bantuan sosia yang tidak terencana yang diberikan kepada masyarakat dengan kriteria miskin dan atau rentan miskin serta ketelantaran. Tidak jauh beda dengan BLT-DD dan lain gol yang diharapkan dari segala jenis bantuan adalah membantu perekonomian masyarakat guna untuk mementaskan masyarakat dari belenggu kemiskinan.

Penyaluran BST-JPS

Jumlah Keluarga Penerima BST-JPS di Desa Sidoharjo sebanyak 44 Keluarga dengan nominal penerimaan Rp. 600.000 (enam ratus ribu) secara berkala sebanyak tiga kali penerimaan. Bantuan ini bersumber dari Dinas Sosial dan langsung tanpa pengajuan pihak Desa disalurkan atas dasar pertimbangan memang penerima atau calon penerima adalah kriteria layak menerima pernyataan ini sesuai yang disampaikan bapak Kamituo Dukuh Sidowayah selaku P.J Pelaksanaan Penyaluran “Pihak desa hanya menyeleksi ulang data yang turun dari Dinsos, terkait penerima sesuai data dari Dinsos sejumlah 44 penerima namun untuk penyaluran hari ini penyaluran yang terakhir dan sementara ada dua warga yang belum mengambil karna belum bisa hadir saat ini dan diarahkan untuk mengambil di kantor POS Badegan langsung” Sambung Bpk. Katimun menyampaikan. Bantuan ini diralisasikan dengan atas dasar hukum sebagai berikut :

  • UU No 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial
  • PERPRES No. 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Penyaluran BST-JPS langsung dari pihak Dendos yang disalurkan melalui  pihak kantor POS yang datang langsung ke Balai Desa Sidoharjo. 
Adapun harapan yang disampaikan pemerintah Desa melalui program ini sesuai yang disampaikan bapak Sekdes desa “Kami sangat berharap warga Desa Sidoharjo  terbantu  dengan adanya bantuan ini kemudian bijak dalam pemanfaatan segala jenis bantuan termasuk BST-JPS ini, dan membawa dampak positif bagi kelangsungan perekonomian masyarakat kususnya untuk para penerima” Ujar Bpk. Indadi Sekdes Desa Sidoharjo.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *