18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

Sosialisasi Dan Pembekalan Penggunaan Dana Desa Tahun 2022:” Upaya Tingkatkan Kinerja Perangkat Desa”

Sidoharjo Post. Aparatur Perangkat Desa harus memiliki rasa disiplin dan tanggung jawab yang tinggi serta sadar akan tugas dan kewajibannya dalam melayani masyarakat agar tercipta keharmonisan dalam pemerintah desa. Berbagai upaya dalam melaksanakan tugasnya  telah dilakukan oleh kepala desa terhadap perangkat desa guna meningkatkan kemampuan perangkat desa melalui pembinaan, pengawasan, keteladanan dan memberikan motivasi dapat dikatakan cukup baik. Seperti halnya pada hari ini Kamis (2/9) Pemerintah Desa Sidoharjo dalam upaya pemahaman terhadap Penggunaan Dana Desa tahun 2022 melakukan Sosiaalisasi dan Pembekalan terhadap aparatur perangkat desa. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh aparatur pemerintah desa dapat lebih memahami dan mengetahui terkait penggunaan Dana Desa di tahun 2022 sehingga dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan sesuai dengan aturan.

Kegiatan sosialisasi dan pembekalan yang dilaksanakan pada hari kamis (2/9) tersebut dihadiri seluruh perangkat desa dan pendamping desa. Sedangkan narasumber didatangkan dari Kecamatan Jambon, tampak hadir pula Camat Jambon, Shandra Aji Hidayanto, S. STP.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut berakhir pada pukul 14.40 WIB dengan rangkaian materi sebagai berikut:

WaktuMateriNarasumberModerator
08.30 – 09.50Peran Kecamatan Dalam Penyelenggaraan, Pembinaan, dan Pengawasan Pemerintah DesaShandra Aji Hidayanto, S. STPPanitia
10.00 – 10.45Optimalisasi Peran Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Keuangan DesaKatmanto, S.H, M.MPanitia
10.45 – 11. 30Pedoman Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD)Drs. SuwandiPanitia
11.30 – 12.15Kebijakan Pelaksanaan Dana Desa (DD)Subiyantoro, S. EPanitia
13. 00 – 13.45Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis SiskeudesJoko Agus Susilo, S. Si, M. SiPanitia
13.55 – 14.40Peningkatan Kapasitas dan Akuntabilitas Pelaksanaan Pembangunan DesaEko fahrudinPanitia