Upaya Pelestarian Hutan, Perhutani Gandeng Pemdes Sidoharjo Lakukan Penanaman Bersama

Upaya Pelestarian Hutan, Perhutani Gandeng Pemdes Sidoharjo Lakukan Penanaman Bersama

Sidoharjo, Post. Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Lawu Ds bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Jambon dan Pemerintah Desa Sidoharjo melakukan kegiatan penanaman bibit pohon bertempat di petak 25 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Krebet, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ponorogo Barat secara administrasi masuk Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.

Acara yang digelar pada minggu (17/01) itu dihadiri oleh Perwakilan Kecamatan Jambon, Kepala Desa Sidoharjo Parnu, Asisten Perhutani (Asper) Eko Budi Prasetyo, BscF, Polsek Jambon, Koramil, PKK, BPD Sidoharjo, Karang Taruna, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), PSHT Rayon Sidoharjo dan seluruh masyarakat lingkungan RT 004 RW 003 Dukuh Sidowayah. Adapun bibit pohon yang ditanam diantaranya yaitu, trembesi, sengon, ringin, mente, nangka, juwet dan masih banyak yang lainnya.

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Ponorogo Barat, Eko Budi Prasetyo, BscF menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penanaman ini dan berpesan semoga kegiatan ini bisa ditingkatkan demi kelestarian alam kita.

“ Hari ini  penghijauan di hutan lindung negara, kami dari Perhutani menyampaikan terima kasih yang banyak kepada masyarakat dan stecholder di lingkup Forkopimcam Kecamatan Jambon yang terlibat dalam kegiatan penanaman pohn ini. Mari kegiatan ini kita tingkatkan ke depan karena ini merupakan kegiatan positif untuk menjaga lingkungan alam sekitar. Kami titip kepada masyarakat kita semua ini musim hujan melakukan penanaman nanti ketika musim kemarau mari bersama-sama menjaga hutan dari kebakaran hutan”, kata Eko dalam sambutannya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Sidoharjo Parnu menyampaikan terima kasih kepada Perhutani yang telah melakukan kegiatan reboisasi desa Sidoharjo ini dan berharap setelah ada penanaman masyarakat diminta untuk menjaga dan memelihara agar pada musim kemarau kebakaran hutan dapat dikendalikan.

“Kami dari pemerintah Desa yang pertama menyampaikan terima kasih kepada pak mandor pak mantri dan perhutani yang selama ini telah melaksanakan reboisasi atau penghijauann di wilayah desa Sidoharjo tepatnya petak 25 ini dan harapan kami tentunya setelah penanaman ini kita punya kewajiban untuk memelihara sekaligus harapannya apa yang kita tanam ini bisa tumbuh dengan baik dan yang  tidak kalah pentingnya kalau musim kemarau itu kita jaga agar tidak terjadi kebakaran hutan yang jelas meskipun kita pelihara kita jaga jika terjadi kebakaran hutan tentunya mubazir maka dari itu sekali lagi kami mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga dan memelihara kelestarian hutan”, kata Parnu.

Hari selaku kepala RPH Krebet juga menyampaikan terkait pemeliharaan dan keamanan hutan, mohon kerjasamanya agar ke depannya tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dan harapan kita semua jika hutan lestari tentunya masyarakat juga makmur.

Kegiatan penanaman bersama juga dilaksanakan di tempat lain, tepatnya lingkungan RT 009 RW 001 Dukuh Karangsengon yang dinahkodai oleh Kamituwo Dukuh Karangsengon Nuryantopo bersama warga sekitar.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *