Sidoharjo Post. Menindaklanjuti sosialisasi via zoom terkait penggunaan dana RT, hari ini Jumat (29/04) Pemerintah Desa Sidoharjo menggelar Sosialisasi Surat Edaran Bupati Ponorogo Nomor 140/913/405.14/2022 Tentang Pedoman Penggunaan Anggaran Kegiatan Rukun Tetangga Tahun Anggaran 2022 bersama Perangkat Desa, BPD dan Ketua RT beserta pengurus se Desa Sidoharjo. Ini merupakan salah satu program andalan Kang Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, dimana program ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat sehingga dari kegiatan tersebut tercipta sebuah kekompakan dan semangat gotong royong yang saat ini mulai terkikis oleh modernisasi.
Adapun isi dari Surat Edaran Tersebut adalah sebagai berikut antara:

  1. Biofori Pekarangan ( Nabung Air)
  2. Olah Sampah Rumah Tangga ( Sahdu)
  3. Dukungan Penguatan Ekonomi Perempuan Tingkat RT (Sate Kopok)
  4. Wi-Fi Ponorogo Hebat (Infomase)
  5. Jaminan BPJS Ketenagakerjaan Pengurus RT
  6. Insentif RT dan Pengurus
  7. Rembug Warga
  8. Penanaman Toga (Mokel)

Indadi selaku sekretaris Desa Sidoharjo menjelaskan bahwa program ini dilaksankan secara bertahap sesuai dengan kesepakatan hasil rembug RT setempat, sehingga memudahkan dalam pengontrolan karena disetiap kegiatan akan dimintai laporan perkembangan baik ditingkat RT, Desa dan Kecamatan.

“Dari beberapa kegiatan yang ada di SE nanti akan dimintai laporan sesuai form yang tersedia, nanti pak RT tinggal mengisi form tersebut. Selain itu nanti dari desa juga akan mendampingi secara bertahap, sehingga tidak perlu bingung atau khawatir. Untuk jadwal pendampingan menunggu informasi atau jadwal dari desa saja”. kata Indadi.

Pada kesempatan tersebut Ketua RT beserta pengurus juga menerima insentif dari Anggaran Dana RT, untuk Ketua sejumlah Rp. 500.000 sedangkan Sekretaris dan Bendahara masing-masing Rp. 250.000. Jumlah tersebut belum dipotong pajak.

Salah satu Ketua RT yang ikut dalam Sosialisasi malam itu turut merasa senang dengan adanya Anggaran RT karena dapat membantu meringankan anggaran yang sudah berjalan sebelumnya.

“Alhamdulillah dengan adanya Anggaran RT dari Bupati Ponorogo, saya terutama merasa senang karena saat ini RT merasa diperhatikan dan diberi anggaran, semoga program bupati ini terus berlanjut dan dapat bermanfaat bagi warga saya”. Kata salah satu RT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *