18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

Semangat Gotong Royong, Warga Sidoharjo Kerja Bakti Jalan Poros

Sidoharjo, Post. Indonesia merupakan negara yang memiliki ciri khas akan budaya gotong royong yang telah ada sejak dahulu kala. Gotong royong sendiri merupakan salah satu pengamalan Pancasila. Seperti halnya yang dilakukan oleh warga Desa Sidoharjo pada minggu 10 januari. Tiga Dukuh yaitu Karangsengon, Klitik dan Sidowayah serentak bergotong royong membersihkan jalan poros dan memperbaiki badan jalan yang rusak. Selain itu juga menyisir jalur-jalur aliran air yang tersumbat oleh sampah dan rumput-rumput liar.

Seluruh warga sangat antusias dalam meaksanakan kegiatan tersebut, karena mereka sadar bahwasanya hal itu merupakan sudah menjadi tanggung jawab bersama. Di Sidowayah sendiri yang terdiri dari 13 RT serentak melakukan kerja bakti jalan poros dan lingkungan, sementara warga Karangsengon dan Klitik selain membersihkan jalan poros juga memperbaiki badan jalan yang ambrol karena hujan.

“Kegiatan kerja bakti membersihkan jalan poros ini merupakan agenda rutin warga kami, karena jalan poros ini kan jarang ada rumahnya sehingga banyak rumput-rumput liar sehingga butuh penanganan bersama. biasanya kita lakukan dalam satu tahun 2-3 kali”, kata kamituwo Sidowayah.

“Dikarenakan hujan yang sangat deras beberapa hari yang lalu akibatnya sebagian talut yang berada di jalan poros ambles sehingga perlu penanganan agar tidak merembet, akhirnya pada saat ini baru bisa dilakukan oleh warga. Alhamdulillah banyak warga yang antusias membantu perbaikan talut ini”, kata kamituwo Karangsengon.

Kepala Desa Sidoharjo, Parnu sangat mengapresiasi kegiatan gotong royong kerja bakti tersebut. Menurutnya itu merupakan kegiatan positif dan sangat bermanfaat bagi lingkungan setempat sehingga perlu dipertahankan dan terus diagendakan.