18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

Program Baru Pemdes Sidoharjo: Layanan Cetak Kartu Identitas Anak (KIA) Kolektif

Sidoharjo Post. SETELAH sukses dalam program layanan perekaman KTP-El  bagi warga desa Sidoharjo dengan cara jemput  bola kini pemerintah desa Sidoharjo kembali mengeluarkan program baru yaitu Cetak Kartu Identitas Anak (KIA) secara kolektif. Tujuan progra ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus cetak KIA .

Sebelumnya sudah ada sekitar 290 KIA yang tercetak dan dibagikan ke yang bersangkutan, namun KIA yang tercetak tersebut hanya bagi anak-anak yang berumur dibawah 5 tahun. Sedangkan untuk umur 5 s/d 16 tahun harus di urus sendiri oleh keluarga sehingga untuk mempercepat proses cetak KIA pemerintah desa mengeluarkan program tersebut.

Caranya sangat mudah, orang tua yang akan menguruskan KIA anaknya hanya cukup datang ke balai desa dengan membawa persyaratan lengkap atau bisa juga lewat kamituwo dukuh masing-masing. Adapun persyaratan cetak KIA tersebut diantaranya:

  1. Usia 5-16 tahun
  2. Foto Copy KK terbaru (1 lembar)
  3. Foto Copy Akta Kelahiran (1 lembar)
  4. Foto berwarna ukuran 3×4 ( lembar) dengan ketentuan background Merah untuk tahun kelahiran ganjil dan Biru untuk tahun kelahiran genap
  5. Anggota dalam satu KK jika sudah berumur 17 tahun ke atas harus sudah perekaman KTP-El semua
  6. Berkas dimasukkan map warna merah

Kenapa harus cetak KIA?selain sebagai identitas anak dan untuk memenuhi hak anak manfaat dari  Kartu Identitas Anak (KIA) adalah:

  1. Dengan KIA anak akan mendapatkan akses pelayanan yg lebih mudah dan cepat diantaranya : Pembelian tiket apapun, Penerbitan pasport, Pengurusan BPJS/Kesehatan, Pendaftaran sekolah, Diskon belanja di tempat belanja peserta program dan masih banyak lagi
  2. Yang lebih penting dengan KIA akan sangat membantu proses pendataan
  3. Dengan KIA perlindungan dan hak konstitusi anak akan terpenuhi ( sesuai amanah Permendagri no 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.

Mari kita penuhi salah satu hak anak dengan menguruskan dan mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan kita sudah memiliki. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kamituwo dukuh masing-masing.