Pembangunan Fisik Tetap Berjalan Meskipun Dalam Masa Pandemi Covid-19

Pembangunan Fisik Tetap Berjalan Meskipun Dalam Masa Pandemi Covid-19

Sidoharjo Post. Tahun 2020 merupakan tahun yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun prihatin bagi seluruh umat manusia, dimana dengan adanya pandemi Covid-19 ini memaksa seluruh orang untuk mengubah kebiasaan lama dan menerapkan kebiasaan baru yang diatur oleh pemerintah. Selain itu dampak adanya pandemi Covid-19 ini begitu dirasakan oleh masyarakat. Banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga mereka kesulitan untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Untuk membantu kebutuhan masyarakat yang terdampak Covid-19 pemerintah akhirnya mengeluarkan berbagai macam bantuan, baik bantuan berupa uang atau sembako. Diantara program bantuan pemerintah yaitu, BST JPS, BPNT, BPNTD, KKS, BLT-DD yang telah disalurkan mulai bulan Apri sampai dengan Desember. Dari program bantuan tersebut untuk BST JPS, BPNT, BPNTD, KKS bersumber dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten. Sedangkan BLT-DD bersumber dari Dana Desa. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan mampu membantu pemulihan ekonomi masyarakat.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 yang sudah disahkan harus mengalami beberapa kali perubahan dikarenakan adanya pandemi Covid-19 ini. Hal tersebut dikarenakan adanya skala prioritas penggunaan Dana Desa untuk pencegahan dan penanggulangan pandemi ini. Salah satunya adalah pemberian bantuan kepada masyarakat yang terdampak berupa Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Anggaran yang semestinya untuk alokasi pembangunan fisik harus dipangkas untuk pencegahan dan penanggulangan pandemi covid-19. Dari 10 titik lokasi fisik yang direncanakan hanya 4 titik lokasi saja yang bisa terlaksana dikarenakan anggarannya digunakan untuk penyaluran BLT-DD, adapun empat lokasi tersebut yaitu:

  1. Paving jalan lingkungan RT 003 RW 001 Dukuh Karangsengon

2. Talut jalan lingkungan RT 005 RW 002 Dukuh Klitik

3. Talut jalan lingkungan RT 003 RW 002 Dukuh Klitik

4. Rabat jalan lingkungan RT 011 RW 003 Dukuh Sidowayah

Selain pembangunan fisik yang bersumber dari Dana Desa untuk tahun ini juga mendapat program peningkatan jalan berupa pengaspalan dan drainase di jalan poros yang berlokasi di dukuh sidowayah dan klitik.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *