18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

Kaur Keuangan

HARYUNI, S.Sos atau yang biasa dipanggil Yuni adalah Kaur Keuangan Desa Sidoharjo . Mengawali karir bekerja di Pemerintahan Desa sejak tahun 2006 menjadi staf Sekretariat Desa Krebet. Tahun 2007  tepatnya tanggal 11 September diadakan Peresmian  Desa Sidoharjo yang merupakan Pemekaran dari Desa Krebet. Sesuai dengan domisili maka secara otomatis ikut menjadi perangkat Desa Sidoharjo dan menempati posisi sebagai Kepala Urusan Umum dan Keuangan. Pada Tahun 2019 terjadi Perubahan Sruktur organisasi dan sesuai Keputusan Kepala Desa Nomor  141/03/405.32.9.13/2019  tanggal 25 Januari 2019 ditetapkan sebagai Kepala Urusan Keuangan.

Haryuni adalah Anak dari pasangan Jakim dan Sringatun. Lahir di Ponorogo pada tanggal 20 Maret 1987 dan merupakan anak bungsu dari 4 (empat) bersaudara. Sejak kecil dibesarkan dikeluarga Petani di suasana Desa yang penuh dengan kesederhanaan. Semasa kecilnya tidak menikmati terangnya lampu karena listrik belum masuk Desa. Jalan pun masih becek belum ada pengerasan jalan sama sekali. Mungkin karena terlalu luas wilayah yang menjadikannya sulit untuk pemerataan pembangunan.

Namun segala keterbatasan tidak menyurutkan semangat untuk menimba ilmu. Semasa itu tidak ada sekolah Taman Kanak-Kanak, sehingga umur 6 Tahun sudah masuk Sekolah Dasar di SDN 3 Krebet. Awal mula sekolah tidak mau menerima  dengan alasan umur yang masih kurang. Namun dia tetap nekat ikut pembelajaran, seiring waktu karena bisa mengikuti pelajaran , lama kelamaan akhirnya diterima sebagai siswa SD 3 Krebet pada tahun 1993.

Semangat dan ketekatan yang tinggi untuk belajar selalu tertanam. Belajar dengan lampu minyak yang tidak begitu terang tidak menjadi kendala. Berbeda dengan anak sekarang yang segala fasilitas terpenuhi, pada masa itu berangkat dan pulang sekolah berjalan kaki sejauh 2 km, dan tidak jarang jika musim penghujan sepatu dibungkus plastik karena jalan becek. Enam tahun menjadi siswa SDN 3 Krebet dilalui dengan lancar dan lulus pada tahun 1999 kemudian melanjutkan kejenjang berikutnya di SLTP N 1 KAUMAN. Tiga tahun menyelesaikan pendidikan SLTP dengan lancar yang ditempuhnya dengan bersepeda sejauh 10 km. Setelah Lulus dari SLTP Negeri 1 Kauman pada Tahun 2002 kemudian melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jarak tempuh dari rumah ke sekolah sejauh 18 km. Setiap hari harus bersepeda sejauh 5 km kemudian naik kendaraan umum. Begitu di jenjang SMA sudah berbeda dengan SLTP. Banyak kegiatan tambahan yang harus diikuti. Seminggu dua kali masuk jam 6 pagi karena ada tambahan jam belajar. Hal itu mengharuskan berangkat lebih awal. Pukul 04.30 WIB disaat masih gelap sudah harus berangkat sekolah. Seringkali berangkatnya bersama orang-orang yang akan berangkat ke sawah. Semasa SMA dia sangat aktif di kegiatan organisasi Sekolah. Dari situlah mulai merasakan pengalaman berorganisasi. Semenjak saat itu juga mulai aktif mengikuti kegiatan di Desa. Tahun 2005 Lulus dari pendidikan SMA.

Setelah Lulus SMA adalah masa-masa sulit. Bingung tidak mempunyai kegiatan, juga belum mendapat pekerjaan. Keseharian untuk mengisi waktu luang dengan membantu orang tua sebagai Petani. Kemudian pada Tahun 2006 berkesempatan membantu di Desa Krebet sebagai Staf sekretariat Desa Krebet.  Di situlah awal karir dimulai. Dan saat itu juga mulai tumbuh niat untuk kembali menimba ilmu. Sambil bekerja memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Universitas Merdeka Ponorogo memilih Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan jurusan Administrasi Negara. 4 (empat) tahun  menyelesaikan perkuliahan dan mengikuti wisuda pada tahun 2011.

Haryuni S.sos menikah pada tahun 2008 dengan Sentot Jatmiko yang dikenalnya melalui pekerjaan. Dalam keseharian suami bekerja sebagai staf Kecamatan Jambon. Dari Pernikahannya dikaruniai seorang Putri bernama Anjani Lintang Nirmala. Karena berstatus sebagai Perangkat Desa Sidoharjo maka harus berdomisili di Desa Sidoharjo, tepatnya di Dukuh Klitik RT 07 RW 02 Desa Sidoharjo.

Tugas Kepala Urusan Keuangan bisa dilihat pada vidio berikut: