18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

Kasi Pelayanan

SUWARTO adalah perangkat desa tertua di Desa Sidoharjo yang sebelumnya merupakan Modin di Desa Krebet sebelum Desa Sidoharjo terbentuk. Lahir di Ponorogo, 15 Januari 1967, ia adalah anak bungsu dari 4 bersaudara buah dari pasangan Soerah dan Langkir. Ia terlahir dari keluarga sederhana, bapak dan ibunya seorang petani. Sejak kecil dia selalu di nasehati oleh ayahnya untuk selalu rajin beribadah, jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika berumur 8 tahun ia memulai pendidikan di SDN I Tanjungrejo Badegan, kemudian setelah lulus ia melanjutkan ke MTs Wahid Hasyim Badegan di tahun 1980. Selepas lulus dari SMP di tahun 1983 ia melanjutkan ke MA Al Mukarom Kauman. Setelah lulus dari MA ia kemudian mencoba peruntungan bekerja di Kalimantan, namun karena kurang sesuai dengan pekerjaannya ia kemudian pindah ke Malaysia.

Pulang dari Malaysia tidak lama kemudian pada tahun 1995 ia menikah dengan perempuan pujaan hatinya bernama Tutik. Setelah menikah ia tinggal di Tanjungrejo Badegan kemudian pada tahun 2002 ia pindah ke Desa Krebet Jambon. Dari buah pernikahannya ia dikarunia 3 orang anak, Sisca Afrida Winni Yuniatin, Frilla Westriana Maharani dan Wardan Annatul Hauli.

Tahun 2004 ada penjaringan perangkat desa Krebet, ia kemudian ikut mendaftar pada lowongan Modin dan dari hasil ujian ia dinyatakan lolos. Wacana pemekaran desa Krebet yang sudah lama direncanakan akhirnya Pada tahun 2006 dibentuklah Desa Persiapan dengan nama Desa Sidoharjo. Kemudian setelah berjalan selama satu tahun pada tahun 2007 Desa Sidoharjo ditetapkan sebagai desa definitif. Suwarto termasuk salah satu tokoh yang ikut andil (babat) dalam proses pembentukan persiapan Desa Sidoharjo tersebut. Setelah desa Sidoharjo terbentuk kemudian ia diangkat menjadi perangkat Desa Sidoharjo sebagai modin juga.

Sejak adanya Permendagri nomor 84 tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa maka seluruh Desa harus menyesuaikan dengan aturan tersebut. Ia yang sebelumnya jabatannya sebagai modin dikarenakan hal tersebut akhirnya ia di angkat menjadi Kasi Pelayanan di Desa Sidoharjo sampai sekarang.

Ia kini tinggal di Dukuh Klitik RT 08 RW 02 Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.

Tugas Pokok Kasi Pelayanan dapat dilihat pada Video berikut: