18 Oktober 2021

DESA SIDOHARJO

NYAWIJINING TEKAD AMBABAR KARAHARJAN

Family Gathering Gedangan-Sidoharjo: Pinang Dibelah Dua Yang Kini Semakin Mesra

Sidoharjo Post. Setelah tahun kemarin Pemerintah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon silaturahmi ke Desa Gedangan Kecamatan Ngrayun, hari ini Sabtu (20/3) Pemerintah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon mendapat kunjungan silaturahmi dari Pemerintah Desa Gedangan Kecamatan Ngrayun. Kedatangan kepala Desa Gedangan beserta 23  perangkatnya disambut dengan begitu hangat oleh kepala desa Sidoharjo, seakan memang  sudah seperti keluarga pada umumnya.

Desa Gedangan Kecamatan Ngrayun dan Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon merupakan desa pemekaran dari desa sebelumnya. Desa Gedangan pemekaran dari desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun sedangkan Desa Sidoharjo pemekaran dari Desa Krebet Kecamatan Jambon. Kedua desa ini ditetapkan sebagai desa definitif oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo secara bersamaan sehingga Desa Gedangan oleh Desa Sidoharjo dianggap sebagai Dulur Lanang (sebutan orang jawa), begitu pula sebaliknya.

Suasana keakraban begitu sangat terasa antara pemdes Gedangan dengan Pemerintah Desa Sidoharjo dari awal kedatangan sampai kepulangan. Saling canda tawa dan terkadang juga diselingi dengan tanya jawab tentang  pemerintahan desa menghiasi ruangan balai desa Sidoharjo. Tujuan dari kunjungan ini tidak lain adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Desa Gedangan dengan Pemerintah Desa Sidoharjo yang sudah terjalin hampir 14 tahun.

Kepala Desa Sidoharjo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kedatangannya dan berharap kegiatan silaturahmi ini agar terus dilakukan di tahun-tahun mendatang.

“Kami atas nama pemerintah desa Sidoharjo menyampaikan terima kasih atas kedatangan panjenengan semua dan mohon maaf apabila didalam menyambut kedatangan panjenengan semua masih banyak kekurangan dari segi apapun. Kami berharap kegiatan silaturahmi ini tetap dilakukan di tahun-tahun mendatang karena Desa Gedangan dan Sidoharjo memiliki sejarah yang sama”, kata Parnu dalam sambutannya.

Hal senada juga disampaikan oleh kepala Desa Gedangan, Paijo pun berharap silaturahmi ini agar tetap terjalin meskipun nantinya sudah beralih kepemimpinan.

“Meskipun nanti pemdes Gedangan dan Sidoharjo sudah berganti kepemimpinan, berganti Kades kami berharap agar kegiatan silaturahmi oleh perangkat desa ini tetap dijalin. Betul yang disampaikan mbah lurah Parnu bahwa kita memiliki kisah sejarah yang sama, dari awal pemekaran sampai saat ini”, Kata Paijo.

Selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan yang bertema Family Gathering ini juga dijadikan kesempatan untuk sharing atau bertukar pengalaman dalam hal pengelolaan APBDesa, pelayanan masyarakat, administrasi kependudukan dan lain sebagainya dengan harapan bisa diterapkan di desa Gedangan atau Sidoharjo.

Dikarenakan masih dalam masa pandemi, protokol kesehatan covid-19 menjadi prioritas utama pemerintah desa. Terbukti dengan adanya Satgas Desa Aman Covid-19 yang siap siaga memeriksa dan menghimbau tamu yang hadir agar mematuhi protokol kesehatan covid-19.