Bersama Masyarakat Awasi Pendatang, Bersama Relawan Desa Lawan Covid-19

Bersama Masyarakat Awasi Pendatang, Bersama Relawan Desa Lawan Covid-19

Satgas Relawan Desa Lawan Covid-19 berdiri di Posko siap melayani masyarakat.doc

SUDAH satu minggu lebih Posko Relawan Desa Lawan Covid-19 Desa Sidoharjo beroperasi. Inilah cara Pemerintah Desa Sidoharjo dalam upaya membantu pencegahan dan penularan Corona Virus Disease (COVID-19) yang semakin membuat masyarakat resah. Pasalnya banyak penduduk yang datang dari luar kota sehingga masyarakat perlu ada kewaspadaan, terutama bagi pendatang yang berasal dari daerah yang sudah zona merah atau daerah/kota yang warganya sudah terdapat kasus positif Covid-19.

Bersama seluruh elemen masyarakat, baik dari unsur Perangkat Desa, BABINSA, BABHINKAMTIBMAS, BPD, PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, FKPSB, Banser dan msayarakat lainnya bahu membahu secara bergantian piket di Posko yang berada di halaman Balai desa Sidoharjo tersebut full 24 jam.

Posko pada malam hari, tampak petugas piket bersama Kepala Desa Sidoharjo Siaga Covid-19.Doc

Tujuan adanya Posko ini adalah untuk melayani warga desa yang baru pulang dari perantauan baik dalam/luar negeri agar segera melapor ke posko, warga yang melapor akan diberikan arahan sekaligus himbauan terkait apa yang harus dilakukan ketika sampai di rumah nanti, diantaranya:

  1. WAJIB isolasi mandiri di rumah selama 14 hari
  2. Berjemur minimal 10-15 menit setiap hari pada pukul 10.00-11.00 WIB
  3. Memakai Masker
  4. Menjaga jarak dengan orang lain sekitar 1-2 meter
  5. Makan minum yang bergizi dan olahraga yang teratur
  6. Selalu berdoa memohon perlindungan dan kesehatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
  7. Jika selama 14 hari mengalami batuk pilek panas tinggi sakit tenggorokan diare dll harap segera melapor ke posko/atau langsung ke rumah sakit.
Perangkat desa bersama Satgas melakukan Apel sebelum bertugas.Doc

Selain hal tersebut Pemerintah Desa juga menghimbau kepada  warga yang bekerja di perantauan/luar kota AGAR TIDAK PULANG/MUDIK terlebih dahulu sampai kondisi di daerah asal sudah kondusif/aman seperti sedia kala. terutama yang berasal dari daerah/kota yang sudah zona merag. Hal itu dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus tersebut yang semakin tidak bisa dikendalikan .

Mari bersama-sama membantu pemerintah cegah penyebarannya, semoga kita terhindar dari wabah tersebut dan senantiasa mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, aamiin.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *