PROGRAM PTSL DISAMBUT DENGAN PENUH SEMANGAT WARGA SIDOHARJO

PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftar dalam satu wilayah desa/kelurahan atau nama lainnya yang setingkat, dan juga termasuk pemetaan seluruh obyek pendaftaran tanah yang sudah terdaftar dalam rangka menghimpun dan menyediakan informasi yang lengkap mengenai bidang-bidang tanahnya. Penyelenggaraan pendaftaran tanah sistematis lengkap dapat dilaksanakan sebagai kegiatan rutinitas Kantor Pertanahan atau merupakan kegiatan tahunan dari suatu proyek/program.

Hal ini sangat disambut dengan penuh kebahagian warga masyarakat Desa Sidoharjo terbukti saat diadakanya sosialisasi terkait dengan hal tersebut di semua wilayah Dukuh di Desa Sidoharjo yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa, masyarakat sangat antusias bahkan ketika dibuka sesi tanya jawab tak henti hentinya masyarakat bertanya agar tahu lebih lanjut dengan program PTSL ini. ” Memang ini yang sangat dinantikan masyarakat seperti saya, karena selama ini kami hanya bunya SPPT/Pipil saja untuk bukti tanah kami,dengan inikan nanti saya jadi punya sertifikat” kata SENEN Warga Dukuh Sidowayah dengan sangat semangat.

Selain sosialisasi terkait dengan PTSL Kepala Desa Juga menjelaskan  Peraturan Bupati Ponorogo Nomor 41 Tahun 2018 tentang PEMBEBANAN PEMBIAYAAN PERSIAPAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP. ” ini sangat murah jika dibbanding dengan mengurus sertifikat mandiri.” Ujar Sulyono yang merupakan Anggota BPD Desa Sidoharjo.